Beranda Tanggamus Polsek Sumberejo Bersama GTPP Covid-19 Tanggamus, Gelar Pengamanan Rapid Test di Pasar...

Polsek Sumberejo Bersama GTPP Covid-19 Tanggamus, Gelar Pengamanan Rapid Test di Pasar Gunung Batu

199
0

Tanggamus – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tanggamus, kembali menggelar rapid rest kepada para pedagang dan orang yang bekerja di Pasar Margoyoso (Gunung Batu) Kecamatan Sumber Kabupaten Rejo, Kamis (16/07/2020).

Menurut Kasi Survailance dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Bambang Sutejo, dengan tidak adanya hasil yang reaktif maka tidak ada yang ditindak lanjuti untuk tes PCR dengan pengambilan swab.
“Ada 120 yang dilakukan rapid tes hasilnya non reaktif semua, jadi tidak ada yang tindaklanjuti untuk tes PCR, “ujar Kasi Survailance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Bambang, mewakili Kadiskes Kabupaten Tanggamus Taufik Hidayat.

Kasi Survailance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Bambang Sutejo, mengaku meski demikian masyarakat tetap dianjurkan lakukan pencegahan Covid-19 dengan tetap ikuti protokol kesehatan, sebab rapid tes secara massal hanya salah satu upaya antisipasi saja.

“Potensi penyebaran Covid-19 masih terjadi maka masyarakat diminta tetap jalankan protokol kesehatan. Seperti pakai masker jika keluar rumah dan rajin cuci tangan pakai sabun, jaga jarak serta lainnya, “terang Kasi Survailance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Bambang Sutejo.

Kasi Survailance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Bambang Sutejo, menambahkan Diskes Kabupaten Tanggamus, juga terus melakukan deteksi dini terhadap potensi adanya Covid-19. Hal itu dilakukan dengan rapid tes massal dan melayani pengambilan swab jika ada yang reaktif saat rapid tes.

Sedangkan untuk rapid tes massal lagi, Bambang Sutejo mengaku masih akan membahasnya lagi. Pastinya tetap dilakukan di tempat yang berpotensi, seperti pasar, lingkungan kerja, tempat pendidikan, pondok pesantren dan lainnya.

Harapannya dengan langkah seperti itu bisa menjaring orang dan tempat dengan potensi. Sebab kondisi saat ini peluang penyebaran Covid-19 masih terbuka. Lantaran beberapa Provinsi sekitar Lampung kasusnya tinggi.
Khawatirnya orang dari luar provinsi masuk dan menyebabkan penyebaran. Untuk itulah semua pihak harus sama-sama aktif dan sadar untuk melakukan tindak pencegahan.

Menurut Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi.AM.Syafi’i, S.Ag., rapid tes di Pasar Margoyoso, Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus, adalah lanjutan dari kegiatan serupa yang sudah dijalankan selama ini.
Rapid tes massal di tempat ini jadi yang keempat, pertama Pasar Kota Agung, Pasar Talang Padang, Pasar Gisting dan Pasar Margoyoso.
“Itu menjadi bagian dari Skema kami untuk survei ada tidaknya indikasi Covid-19. Targetnya ada 104 yang sudah terdaftar untuk rapid lalu bertambah, “kata Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi.AM.Syafi’i, S.Ag.

Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi.AM.Syafi’i, S.Ag., menambahkan sebagai pemerintahan tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 belum selesai, dan Pemerintah akan terus ingatkan masyarakat terus menegakan disiplin protokol kesehatan.
“Untuk jaga kesehatan saat ini maka tetap pakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan di air yang mengalir menggunakan sabun, “kata Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi.AM.Syafi’i, S.Ag.

Sementara Kapolsek Sumberejo Polres Tanggamus AKP. Takrinto, mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan personel gabungan Sat Lantas, Sat Sabhara dan Polsek Sumberejo Polres Tanggamus bersama TNI Kodim 0424/Tanggamus, serta stakeholder terkait.
“Pengamanan dilaksanakan secara gabungan guna memastikan seluruh rangkaian kegiatan berlangsung sesuai rencana. Dan Alhamdulillah hasil test seluruhnya non reaktif, “kata Kapolsek Sumberejo Polres Tanggamus AKP. Takarinto mewakili Kapolres Tanggamus AKBP. Oni Prasetya, SIK., usai kegiatan.

Laporan : (Heri Apriyanto)

Artikel sebelumyaWabup Pringsewu Himbau Setiap OPD Dukung KWT
Artikel berikutnyaBedah Rumah  Di Pekon Gunung Raya TMMD KODIM 0424/TGM Sudah Masuk 75% Dalam Tempo Tiga Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here