Beranda Pesawaran 100% Hasil Coklit PPDP  di Kabupaten Pesawaran

100% Hasil Coklit PPDP  di Kabupaten Pesawaran

161
0

PESAWARAN – Kegiatan Pencocokan & Penelitian (Coklit) data Pemilih di Kabupaten Pesawaran yg dimulai dari tgl 15 Juli s/d 13 Agustus 2020 telah Selesai. Data hasil Coklit akan digunakan KPU Pesawaran sebagai Dasar Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP).

Berdasarkan hasil Coklit terhadap jumlah 335.184 data pemilih A.KWK, KPU Pesawaran telah menemukan laporan data pemilih yang memenuhi syarat berjumlah; 185.435 pemilih, pemilih perbaikan data berjumlah; 10.314 pemilih,
Pemilih Baru sebanyak; 120.805 pemilih, dan
Pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak; 139. 435 pemilih.

Dari data Pemilih baru (AA.kwk) yang cukup banyak tersebut, data pemilih baru yang dihimpun oleh PPDP bukan saja didapat dari pemilih pemula, akan tetapi gabungan hasil dari pemilih yang dicoklit yang diketemukan di A.kwk  tidak sesuai dengan TPS di wilayah kerjanya PPDP seperti menemukan Pemilih di A. KWK tidak sesuai atau mendapatkan pemilih yang tidak dikenal atau bukan penduduk, maka PPDP dalam Mencoklit men TMS kan pemilih yang ada di A. kwk. kemudian PPDP dalam proses mencoklit memasukan pemilih yang di TMS menjadi pemilih baru diwilayah kerjanya masing masing. Tujuanya adalah supaya PPDP tidak menghilangkan hak pilih warganya untuk memilih dan dapat menghasilkan data yang mutakhir.

 Mengingat asas pemutakhiran, maka perlu penataan pemilih yang disesuaikan dengan TPS domisili pemilih.

 Begitu juga pada jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat, data TMS bukan saja data pemilih yang meninggal dunia melainkan ada juga data ganda, data pemilih yang tidak dikenal, data pemilih yang berubah statusnya, semua itu sesuai kode TMS yang ada di A.kwk imbuhnya.

Berdasarkan dari data yang memenuhi syarat (MS), perbaikan data dan pemilih baru, maka didapatkan Data pemilih sebanyak 316.554. jumlah data yang dihasilkan ini juga bukan jumlah data yang pasti, karena jumlah data tersebut masih dapat bergeser menjadi lebih atau berkurang nantinya karena PPS, PPK dan KPU terus melakukan pencermatan by name by addres hasil coklit.

Data Final adalah data hasil dari Pleno, maka sebelum dilakukan pleno ditingkat PPS, PPK dan KPU Kabupaten, Jumlah data tersebut masih terus dilakukan pencermatan, kegiatan pencermatan data ini dilakukan nenggunakan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH. 4.0) agar supaya mendapatkan data yang benar benar valid dan Akurat sebelum dijadikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan yang nantinya akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dody Afriyanto,S.IP selaku anggota KPU Pesawaran divisi Data & informasi menjelaskan, dari 1021 Petugas pemutakhiran Data Pemilihan (PPDP) yang telah bekerja melakukan Coklit dari rumah kerumah bukanlah hal yang mudah ditengah merebaknya pandemic Covid 19. kerja PPDP bukanlah pekerjaan yang mudah, selain harus mendapatkan data yang valid dan Akurat PPDP juga harus menjaga keselamatan pemilih yang dicoklit dan menjaga kesehatan dirinya sendiri supaya tidak terpapar oleh virus Covid 19.

Berakhirnya tahapan Coklit ini, KPU mengapresiasi & Mengucapkan terima kasih kepada PPDP yang sudah berjuang untuk menyukseskan Pilkada serentak untuk pemilihan Bupati & wakil bupati kab. Pesawaran tahun 2020.(BBG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here