Beranda Info Lampung Pringsewu Polemik Limbah Sampah Pasar Sumberagung 

Polemik Limbah Sampah Pasar Sumberagung 

316
0

Warga Mengeluh, Aparatur Pekon & Pihak Terkait Tak Ada Tindakan


PRINGSEWU – Agus W Kepala Desa Sumber agung  dan Wariyadi pemilik tanah yang memfasilitasi lokasi pembuangan sampah pasar Sumberagung, Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu diduga kangkangi Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Cukup jelas yang tertuang di Pasal 28H ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memberikan hak kepada setiap orang untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Amanat Undang-Undang Dasar tersebut memberikan konsekuensi bahwa pemerintah wajib memberikan pelayanan publik dalam pengelolaan sampah. Hal itu membawa konsekuensi hukum bahwa pemerintah merupakan pihak yang berwenang dan bertanggung jawab di bidang pengelolaan sampah meskipun secara operasional pengelolaannya dapat bermitra dengan badan usaha. Selain itu organisasi persampahan, dan kelompok masyarakat yang bergerak di bidang persampahan dapat juga diikut sertakan dalam kegiatan pengelolaan sampah.

Namun hal tersebut tidak dirasakan oleh warga (D), (P) dan (G ) mereka adalah warga berada dilokasi dekat dengan pembuangan sampah, sebab aktifitas mereka di rumah selalu diselimuti dengan aroma sampah limbah dari pasar Sumberagung.

Warga Inisial (D) kepada pewarta dirumahnya mengatakan (15/08/20) mereka sudah melaporkan kepada RT setempat namun tidak ada tindakan.

“Kami sudah melaporkan kepada ketua RT untuk menyikapi limbah sampah tersebut agar tidak lagi dibuang disini tapi tanggapan pak RT sama sekali tidak ada pergerakan, dengan keadaan seperti ini sudah sangat menggangu mas, karena bau sampah yang sangat menyengat, entah sampai kapan sampah ini disini pihak desa pun sampai sejauh ini belum ada pergerakan,” Ujarnya.

“Dulu janjinya, pengelola pasar bilang sampah ini dibuang disini cuman dua Minggu, tapi kenyataannya udah sebulan masih disini, harapan saya bersama warga lainnya kalau bisa sampah ini cepet dialihkan pembuangan nya, karena saat saya mau makan gak nafsu karena bau sampah,” Pungkas warga.(Red/WD/Tim)

BACA JUGA

KLIK  :  Sampah Pasar Sumberagung di Keluhkan Warga, Begini Respon Kakon

KLIK   : Tragis..!!! Sampah Pasar Sumberagung Dikeluhkan Warga

Artikel sebelumyaTak Elok Organisasi Pers Menjadi “Polisi”
Artikel berikutnyaPatroli Brimob Batalyon A Pelopor Himbau dan Ajak Kibarkan Bendera Merah Putih 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here