Connect with us

Nasional

Bupati Tanggamus, Adakan MoU dengan Koperasi Lampung Maju Mandiri

Published

on

 

Jakarta – Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Koperasi Lampung Maju Mandiri (KLMM) yang diwakili oleh Mahatma Gandhi selaku Ketua KLMM.

Penandatanganan MoU dilaksanakan di Sekretariat KLMM di Wisma Lampung Jakarta, Kamis malam (27/08/2020).

Selain itu dilaksanakan juga Penandatangan Kerjasama (PKS) antara Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanggamus, dengan Koperasi Lampung Maju Mandiri.

Advertisement

Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Koperasi Lampung Maju Mandiri yang telah bersedia melaksanakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus.

Dimana dalam MoU dituangkan upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan promosi serta pemasaran produk UMKM Kabupaten Tanggamus, melalui Koperasi Lampung Maju Mandiri.

Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., melanjutkan, keberadaan UMKM tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan perekonomian secara Nasional. UMKM mampu menyerap 64 juta tenaga kerja dan memberikan kontribusi sebesar lebih kurang 58,2% dalam pembentukan Produk Domestik Regional Brutto.

“Pengalaman menunjukkan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki ketangguhan terhadap goncangan perekonomian global, memiliki kemampuan menyerap tenaga kerja yang besar, membuka peluang berusaha dan mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat. UMKM merupakan wujud kehidupan ekonomi sebagian besar rakyat Indonesia termasuk di Provinsi Lampung, “kata Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM.

Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., masih dalam sambutannya Pemkab Tanggamus melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan sebagai Dinas yang membidangi sektor UMKM terus berupaya membangun UMKM agar dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Tanggamus.

Advertisement

Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., mengungkapkan UMKM di Kabupaten Tanggamus, tersebar di 20 Kecamatan dengan jumlah 7.990 pelaku UMKM, dan mengalami kemajuan yang pesat dan telah memberikan dampak yang positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
Namun disisi lain masih terdapat permasalahan dalam pengembangan UMKM, seperti ; kurangnya standar kompetensi pelaku UMKM, kurangnya promosi, kurangnya modal kerja, belum maksimalnya manajemen usaha, rendahnya mutu dan pengelolaan kemasan, dan belum terstandarisasinya kesehatan pangan dan minuman.

Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., untuk itu berharap melalui MoU dan kerjasama yang dilakukan dengan KLMM, dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami UMKM di Kabupaten Tanggamus.
“Semoga upaya kita untuk lebih memberdayakan dan meningkatkan UMKM di Kabupaten Tanggamus dapat terwujud, “pungkas Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM.

Sementara Ketua Koperasi Lampung Maju Mandiri Mahatma Ghandi, menyambut baik apa yang disampaikan oleh Bupati Kabupaten Tanggamus.
Beliau menerangkan Koperasi Lampung Maju Mandiri merupakan Koperasi yang didirikan oleh warga Lampung yang ada di Jakarta. Dengan salah satu tujuannya untuk membantu mengembangkan potensi UMKM yang ada di Provinsi Lampung, termasuk di Kabupaten Tanggamus.
“Koperasi Lampung Maju Mandiri siap membantu pemasaran, promosi dan pemberian pelatihan kepada UMKM yang ada di Kabupaten Tanggamus, sehingga UMKM Kabupaten Tanggamus semakin maju dan berkembang,”tandas Ketua KLMM Mahatma Gandhi.

Hadir dalam kesempatan tersebut,
Kadis Parbudpora Kabupaten Tanggamus, Kabag Kerjasama, Kabag Protokol dan Kabid UMKM Kabupaten Tanggamus, serta jajaran Pengurus dan sejumlah Anggota Koperasi Lampung Maju Mandiri. (Kominfo/Heri Apriyanto).

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *