Beranda Info Lampung Pringsewu Alih Fungsi Lahan Di Pekon Sidoharjo ini Perlu Dipertanyakan

Alih Fungsi Lahan Di Pekon Sidoharjo ini Perlu Dipertanyakan

224
0
PRINGSEWU – Alih fungsi lahan di Indonesia tak bisa dianggap remeh sebab setiap tahun ada ribuan hektare lahan pertanian yang berubah peruntukannya.

Guna mencegah alih fungsi lahan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sejak Tahun 2013 lalu telah menerbitkan Perda tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Tujuan dari Perda LP2B itu adalah mempertahankan luas lahan pertanian untuk pangan, terutama lahan sawah agar tidak berkurang karena alih fungsi lahan.

Akan tetapi hal tersebut tidak diindahkan oleh investor yang membuka tanah kavling Firdaus oknum pegawai BPLH Pringsewu, dimana tanah tersebut sawah produktif yang di alih fungsikan menjadi pekarangan untuk di kavling kan .

Tabrani Af, (PJ pekon Sidoharjo)) kepada pewarta dikantor mengatakan (02/09/20)
lahan itu yang sekarang jadi kavlingan itu lahan tadah hujan bukan produktif, dan sejauh ini saya tidak mengetahui prosesnya seperti apa

tau tau ada buka kavlingan di lokasi Rt.13 Dusun 04,

Desa tidak dilibatkan untuk prosesnya dan sampai saat ini saya tidak memberikan rekomendasi terkait alih fungsi lahan.

Terpisah warga yang enggan namanya disebutkan dimana kediamannya berdekatan dengan lokasi timbunan mengatakan “tanah ini awalnya sawah mas, dan pas depan rumah saya irigasinya yang sekarang ditimbun disini setiap tahun selalu panen lumayan hasilnya emang dilokasi sini bukan pekarangan,”terangnya.

“Yang memiliki sawah ini orangnya di Jakarta mas sawah ini yang ngelola orang sini termasuk suami saya,” ujarnya.

Berbeda yang disampaikan oleh Turyanto Ketua RT 13 kepada pewarta sejak tahun 2000 saya tinggal disini lahan ini tidak pernah ditanami padi dan tidak ada irigasi ya menurut saya gak ada masalah mas kalau mau ditimbun “elaknya dengan nada tinggi” kalau untuk surat keterangan tanah ini lahan ini satifikat yang menerangkan lahan ini pekarangan bukan sawah.(tim)

Artikel sebelumyaForum Komunikasi Pokdarwis Kabupaten Pringsewu Audensi Bersama Dinas Pariwisata
Artikel berikutnyaKapolsek Pugung Bersama Koramil Pagelaran, Gelar Pendisiplinan & Pemakaian Masker di Pasar Babakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here