Connect with us

Featured

Para Mafia Tanah Masih Ada..!!! Ini Yang Disampaikan Iwan Nurdin Ketua Dewan Nasional KPA

Published

on

NASIONAL – Berbicara polemik permasalahan sengketa tanah yang ada di negara kita ini, tak jarang berbagai opini muncul dari berbagai sumber dan masyarakat akan pentingnya membratas apa yang sering disebut mafia tanah.

Mafia tanah itu sendiri sering disebut para penggiat dan pemerhati ataupun organisasi yang menangani masalah pertanahan.

Banyak sekali saat ini masyarakat kecil merasa kecewa karena hak tanah mereka dikuasai atau diambil alih oleh pihak pihak tertentu dengan berbagai rangkaian cara yang dilakukan para mafia tanah.

Apa sebenarnya mafia tanah, dan seperti apa bentuk praktek yang mereka jalankan?

Advertisement

Seperti disampaikan oleh Ketua Dewan Nasional Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA) Iwan Nurdin dalam acara “NgeHAMtam” (Ngebahas HAM bersama Tamu) disalah satu Chanel YouTube Hariz Azhar 21/03/2021 menyampaikan bahwa mafia tanah merupakan persengkokolan besar oleh oknum tertentu dalam upaya penguasaan tanah.

Siapa aktor aktor yang terlibat? dijelaskan nya aktor yang terlibat dalam mafia tanah tersebut bisa dari pihak pertanahan itu sendiri bekerja sama dengan pihak pihak lain baik pemerintah/swata organisasi tertentu sampai ke pihak desa/kelurahan.

“Masih banyak sekali laporan masyarakat terhadap pihak terkait atas hak tanah mereka yang dikuasai pihak tertentu,” ujar Iwan Nurdin.

Lebih lanjut Iwan juga menjelaskan terkait masih banyak realita yang terjadi soal surat menyurat yang timpang tindih yang perlu diperhatikan pemerintah.

“Masih banyak juga persoalan tanah yang sudah diselesaiakan secara peradilan yang mempunyai kekuatan hukum namun penguasaan fisiknya masih dikuasai pihak lain”, jelasnya.

Advertisement

(Yoki)

https://youtu.be/8-MU8t7JXbchttps://youtu.be/8-MU8t7JXbc

Klik Video nya

https://youtu.be/8-MU8t7JXbc

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *