Connect with us

Tulang Bawang

Sulitnya Pembuatan Peserta BPJS Gratis Di Tulang Bawang, Ada Apa!

Published

on

TULANG BAWANG -Pembuatan kartu peserta BPJS gratis yang di tangung oleh APBD dipersulit oleh Dinas kesehatan Tulang bawang Lampung dengan berbagai macam alasan. Senin ( 19/02/2024) saat Dua Wartawan membantu warga  membuat kartu perserta BPJS.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh salah satu staf bidang rujukan Dinas Kesehatan Tulang bawang, mengatakan bahwa, untuk sekarang ini tidak bisa membuat  peserta kartu BPJS lagi, melainkan  harus di rawat dulu di rumah sakit baru bisa di buat kartu perserta BPJS gratis, kata Eka salah satu stap Bidang rujukan Dinkes Tuba kepada wartawan.

“Untuk sementara ini pembuatan peserta BPJS gratis, orangnya harus di rawat dulu di rumah sakit, nanti  pihak rumah sakit yang kordinasi dengan dinas maka kartu perserta BPJS  tersebut bisa langsung aktif,” ujarnya.

“Tapi kalau untuk yang berobat di puskesmas yang belum ada kartu BPJS maka akan dikenakan biaya,” Ungkap Eka.

Advertisement

Sementara itu di tempat terpisah Kasi Humas RSUD Menggala Dokter Ajeng tidak mengetahui adanya sistem dirawat dahulu baru BPJS di aktifkan, karena Rumah sakit hanya menerima pelayanan saja.

“Coba abang ke BPJS bawang latak karena BPJS pusatnya karena ini ada yang pemerinta saya kurang tau juga bang kalau rumah sakit ini hanya pelayan saja bang,” ucapnya melalui pesan WhasttAap.

“Rumah sakit paling ngecek aja aktif atau tidaknya terdaftar, karena itu bukan bagian saya,itu bagian pelayanan, kalau mau lebih jelas Abang langsung ke kantor BPJS bawang latak” jelas Ajeng kepada wartawan.

Ditempat terpisah Kepala BPJS Tulang Bawang Yeni Andriani membenarkan, bahwa pembuatan perserta BPJS dari Pemkab Tulang Bawang harus di rawat dulu, baru di aktifin BPJS melalui Dinkes Tuba.

Karena warga Tulang Bawang ohc 95% warga tuba sudah terdaftar di JKN.

Advertisement

Karena Keterbasan itu bukan dari BPJS melainkan dari Dinkes mungkin minim anggaran, karena BPJS daftrin saja.

Untuk sementara warga yang ikut perserta BPJS yang ada di tulang bawang jumlahnya hampir 20 ribu perserta.

Laporan :Gi/Affyt

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *