Connect with us

Featured

Polri Berbenah, Masih Banyak Hal Positif Dilaksanakan Polres Pringsewu 

Published

on

PRINGSEWU | Kepolisian Republik Indonesia saat ini terus berbenah dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam melindungi, pengayom dan pelayanan terhadap masyarakat.

Meskipun hal tersebut memerlukan kinerja dan semangat patriotisme yang tinggi untuk terus meningkatkan kinerja kepolisian. Langkah dan progam visi dan misi institusi Korp Bhayangkara ini juga butuh sinergitas dari seluruh unsur baik pemerintah maupun kalangan masyarakat.

Berlalu dari hal penilaian yang menurun dari hasil survei masyarakat tentang kepuasan masyarakat terhadap polri saat ini, seperti yang disampaikan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo beberapa yang hari yang lalu saat memberikan arahan dan nasehat terhadap jajaran perwira kepolisian.

Namun, berkaca dari beberapa kejadian oknum perwira polisi yang sudah mencoreng nama baik institusi kepolisian saat ini, seharusnya menjadi pemicu dan semangat serta momen polri dalam memberikan perubahan dan keterbukaan terhadap masyarakat serta hukum yang tidak tebang pilih dalam penanganan kasus.

Advertisement

Seperti himbauan Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk selalu meningkatkan kinerja dan profesionalisme dijajaran yang ia pimpin sesuai instruksi presiden.

Polri perlu berbenah. Nah, inilah momen dan salah satu bentuk komitmen Polres Pringsewu Polda Lampung.

Disampaikan Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyo Widi pada media ini, Senin 17/10/2022, dirinya sangat antusias dan membulatkan tekad dimasa yang sulit bagi polri untuk semaksimal mungkin melakukan tupoksi dijajarannya.

“Ya, tentunya ini masa masa yang sulit bagi Polri. Kami di Polres Pringsewu khususnya, sudah membulatkan tekad bersama seluruh personel untuk semaksimal mungkin melakukan Tupoksi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat agar masyarakat tidak ragu dengan komitmen Polri,” ujar AKBP Rio Cahyo Widi.

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyo Widi (dok.red)

“Harapan tentu saja, kami perlu sinergitas yang baik dengan semua unsur yang ada di Kabupaten Pringsewu ini, agar niatan baik kami cepat terwujud,” harapnya.

Diketahui, Polres Pringsewu ini belum lama terbentuk yakni 25 November 2019 yang lalu. Sebelumnya, Kabupaten Pringsewu masuk dalam wilayah hukum Polres Tanggamus.

Advertisement

Meski belum lama terbentuk, namun banyak capaian dan prestasi serta kepuasan dari kalangan masyarakat terutama masyarakat kabupaten Pringsewu.

Piagam penghargaan juga sering diperoleh anggota personil yang berprestasi.

Seperti beberapa bulan yang lalu, Kapolres Pringsewu memberikan reward terhadap dua anggotanya.

Dua Anggota Pores Pringsewu Ipda Eko Sujarwo (Kanan) dan Aipda Budi Hartono (kiri).

Yakni, Ipda Eko Sujarwo diberikan penghargaan langsung Kapolres Pringsewu atas prestasinya mampu berinovasi dalam peningkatan kemampuan personal bhabinkamtibmas melalui kegiatan asesmen terbuka.

Sementara itu, reward juga diraih Aipda Budi Hartono atas prestasinya dalam mempelopori pembangunan Pulsubsektor Ambarawa yang beberapa bulan yang lalu diresmikan.

Hal yang menarik dari Polres Pringsewu saat ini, dipimpin AKBP Rio Cahyo Widi.

Advertisement

Polres Pringsewu bisa dibilang banyak perubahan dan hal positif tanggapan dari masyarakat.

Hal tersebut terlihat dari kinerja personil anggota polres yang lebih humanis, cepat dalam menangani beberapa kasus, juga tidak lupa mengedepankan restoratif justice untuk penyelesaian kasus delik aduan.

“Sangat ramah dan humanis, Kapolres Pringsewu ini,” Ujar Ketua DPC Badan Advokasi Investigasi dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (BAIN- HAM RI) Kabupaten Pringsewu Prayitno saat kami minta tanggapan, beberapa hari yang lalu.

“Ini saatnya Polri khususnya Polres Pringsewu untuk bisa menjalankan instruksi Presiden Republik Indonesia, memulihkan kepercayaan masyarakat, kami sangat suport dan siap bersinergi untuk Pringsewu aman dan nyaman,” tuturnya.

Polres Pringsewu dibawah kepemimpinan AKBP Rio Cahyo Widi maupun Kepala Resort Pringsewu sebelumnya, juga sudah banyak kegiatan untuk mendukung program progam pemerintah.

Advertisement

Salah satunya yakni, penanganan dan pencegahan Covid 19. Bersama Stachokder Kabupaten Pringsewu, pihak nya terus gencar dalam penanganan, himbauan kepada masyarakat tentang penerapan protokol Kesehatan.

Selain itu, Polres Pringsewu juga sudah beberapa kali, bekerja sama dengan satgas Covid 19 Kabupaten Pringsewu, menggelar Vaksin I ,II dan III.

Belum lama ini, Polres Pringsewu dalam rangka HUT Bhayangkara ke 76, pihaknya bersama Polsek Gadingrejo juga menggelar Vaksin I, II dan Boster di Aula Pekon Wonodadi, Rabu 15/06/2022 lalu.

Upaya serius Polres Pringsewu dalam penanganan Covid juga terlihat saat pihaknya memberikan hadiah (doorprize) kepada masyarakat yang hadir mengikuti vaksin.

Banyak hal masih bisa dirasakan masyarakat Pringsewu dengan berdirinya Polres Pringsewu ini.

Advertisement

Selain pelayanan lebih dekat, informasi kejadian apapun di wilayah Kabupaten Pringsewu juga lebih cepat diterima masyarakat.

Semua itu tidak lepas dari Kerjasama semua jajaran, salah satunya yakni bagian hubungan masyarakat (Humas) Polres Pringsewu.

Jelang Hari Ulang Tahun Ke 71 Humas Polri, yang jatuh 30 Oktober mendatang, Si Humas Polres Pringsewu juga turut serta berpartisipasi dan berbagi bersama masyarakat Pringsewu.

Pihak Humas Polres Pringsewu menggelar Bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu.

“Kegiatan ini wujud rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama dan masyarakat yang kurang mampu,” ucap Si Humas Polres Pringsewu Aipda Suhud, mewakili Kapolres Pringsewu 15/12022.

Advertisement

Masih banyak hal yang terlihat dan dirasakan positif bagi masyarakat Pringsewu dengan penilaian Polri khususnya Polres Pringsewu, semoga Polri semakin inovatif, berintegritas.

Penulis : Darmawan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *